Wednesday, November 6, 2024

Tutorial Animasi Tumbukan

Sahabat Batik, Belajar Asyik dengan TIK. Animasi kali ini adalah animasi yang menggambarkan tumbukan 2 (dua) buah benda yaitu kelereng. Satu kelereng berada pada bidang miring yang kemudian meluncur dari posisi diam, bergerak perlahan hingga melaju lalu menabrak/membentur kelereng kedua hingga kelereng kedua yang mula-mula pada posisi diam, selanjutnya terpental kencang hingga akhirnya melambat dan berhenti sebagaimana yang dapat kita lihat pada gambar berikut ini :

Untuk membuat animasi tersebut, kita persiapkan terlebih dahulu objek-objek yang kita perlukan.

Objek bidang miring. Untuk membuat bidang miring, kita gunakan objek shape Rectangle seperti gambar  (A) dibawah. Setelah sebuah persegi panjang terbentuk, selanjutnya lakukan Edit Points objek Rectangle tersebut dan tambahkan sebuah point baru dibagian tengah atas, dan buat bidang miring seperti gambar (B). Lalu seleksi objek Rectangle tersebut dan beri warna dengan cara Format Shape FillPattern Fill Dark upward diagonal. Atur juga warna Outline dengan cara Format Shape Line Color Solid Line Black seperti gambar (C) dan ubah namanya pada panel seleksi menjadi Permukaan seperti gambar berikut ini :

Selanjutnya kita persiapkan dua objek Kelereng yang akan bertumbukan dengan menggunakan objek shape Oval. Ketika objek Kelereng menggelinding, kita akan membuat seolah-olah Kelereng tersebut berputar. Karenanya kedua objek kelereng tersebut kita beri efek FormatShape EffectsBevel  → Circle dan beri warna serta posisikan pada permukaan luncur. Untuk kelereng yang berada diposisi atas kiri, ubah namanya pada panel seleksi menjadi Kelereng-1, dan untuk kelereng yang lain ubah namanya menjadi Kelereng-2 seperti gambar berikut ini :

Setelah kedua objek kelereng diposisikan seperti gambar diatas, selanjutnya kita akan memberikan animasi pada kedua objek kelereng. Aktifkan terlebih dahulu Ribbon Animations  Animation Pane. Selanjutnya aktifkan objek Kelereng-1 dan pilih Add AnimationMore Motion PathsArc Left. Akan terlihat bahwa objek Kelereng-1 telah memiliki sebuah animasi Arc Left seperti gambar berikut ini :

Selanjutnya kita edit jalur animasi Arc Left Kelereng-1 ini agar sesuai dengan kemiringan permukaan luncur dengan cara melakukan Edit Points pada jalur animasinya, atur sedemikian rupa seperti gambar berikut ini :

Untuk memberikan kesan yang lebih menarik, kita akan memberikan animasi berputar/Spin pada objek Kelereng-1, caranya aktifkan/seleksi objek Kelereng-1, selanjutnya Add AnimationEmphasisSpin. Setelah animasi pada objek Kelereng-1 selesai, berikutnya kita berikan animasi pada objek Kelereng-2. Aktifkan objek Kelereng-2 dan pilih Add AnimationMore Motion PathsRight. Atur panjang jalur lintasan objek Kelereng-2 hingga keujung lintasan dan berikan juga animasi Spin untuk objek Kelereng-2 dengan cara tekan Add AnimationEmphasisSpin seperti gambar berikut ini :

Setelah memberikan animasi Arc Left pada Kelereng-1 dan animasi Right pada Kelereng-2, serta animasi Spin pada masing-masing objek kelereng, selanjutnya kita lakukan perubahan pada beberapa properties yaitu :

Klik dua kali animasi Arc Left objek Kelereng-1 pada panel animasi, ubah beberapa properti berikut :

  1. Arc DownEffectSmooth Start diubah menjadi 1.5 sec. Hal ini dilakukan karena sebuah benda yang meluncur dari posisi semula diam, dia akan memiliki percepatan dari diam ke posisi melaju. Sebaliknya Smooth End dibiarkan berisi nilai default (0 sec) karena Kelereng-1 ini berhenti mendadak setelah membentur objek Kelereng-2.
  2. Arc DownTimingDuration : 3 seconds (Slow).

Klik dua kali animasi Spin objek Kelereng-1 pada panel animasi, ubah beberapa properti berikut :

  1. SpinEffectSmooth Start : 1.5 second  dan SpinEffect →  Smooth End (0 sec).
  2. SpinTimingStart diubah menjadi With Previous. Hal ini dimaksudkan agar animasi berputar berlangsung bersamaan dengan meluncurnya objek Kelereng-1.
  3. SpinTimingDuration : 3 seconds (Slow).

Klik dua kali animasi Right objek Kelereng-2 pada panel animasi, ubah beberapa properti berikut :

  1. RightEffectSmooth Start : 0 sec. Hal ini dilakukan karena sebuah benda yang ditabrak dari posisi semula diam, dia akan langsung melaju.
  2. RightEffectSmooth End : 3 sec.
  3. RightTimingStart : After Previous. Ini artinya, objek Kelereng-2 akan beranimasi setelah animasi objek Kelereng-1 selesai.
  4. RightTimingDuration : 3 seconds (Slow).

Klik dua kali animasi Spin objek Kelereng-2 pada panel animasi, ubah beberapa properti berikut :

  1. SpinEffectSmooth End : 3 second
  2. SpinEffectSmooth Start : 0 sec.
  3. SpinTimingStart : With Previous. Hal ini dimaksudkan agar animasi berputar berlangsung bersamaan dengan melajunya objek Kelereng-2.
  4. SpinTimingDuration : 3 seconds (Slow).

Setelah semua animasi diberikan, coba tampilkan animasi ini pada modus slide show. Dengan cara yang sama, kita dapat membuat animasi benda jatuh bebas yang kemudian memantul kembali seperti gambar berikut ini :

Demikian tutorial Batik, Belajar Asyik dengan TIK kali ini, selamat berkarya untuk anak bangsa.

Robby Shadri, S.Kom, Bertugas sebagai staff pengelola sistem informasi dan jaringan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau. Mengawali hobi dibidang pemrograman, baik berbasis Web, maupun berbasis Desktop. Disamping itu juga sebagai instruktur diklat khususnya untuk materi diklat media pembelajaran berbasis TIK.

Khusus untuk media pembelajaran, penulis memfokuskan diri untuk menulis tutorial-tutorial perancangan animasi media pembelajaran menggunakan aplikasi yang sudah familiar dikalangan guru di tanah air, yakni Ms. Powerpoint termasuk tutorial animasi media pembelajaran di lpmpriau.kemdikbud.go.id di rubrik BATIK. Belajar Asik dengan TIK. Jika ada yang ingin bertanya, silahkan berkomunikasi via FB https://www.facebook.com/robby.shadri