Diawal tahun 2018, LPMP Riau meluncurkan Aplikasi baru yang bernama “ Klinik Mutu LPMP Riau”. Kegiatan sosialisasi Aplikasi Klinik Mutu LPMP Riau dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 2 Februari 2018, bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara dengan di hadiri oleh seluruh pegawai LPMP Riau. Untuk Tahap pertama, aplikasi ini disosialisasikan kepada pegawai LPMP Riau. Dalam amanatnya, Kepala LPMP Riau, Drs. Mulyatsyah menyampaikan bahwa sistem aplikasi ini memungkinkan seluruh stake holder bisa mengakses Sistim Penjaminan Mutu. Selain itu juga disampaikan, bahwa sebagai LPMP Percontohan yang ada di Sumatera, LPMP Riau diharapkan memiliki sebuah struktur yang memfasilitasi setiap tamu yang datang ke LPMP Riau untuk memperoleh informasi. Pada dashboard dalam aplikasi klinik mutu, Kepala LPMP Riau juga menyampaikan kata sambutannya, yaitu “Sistem Informasi Klinik Mutu (SIKM) LPMP Riau merupakan aplikasi sistem informasi berbasis online yang memadukan data satuan pendidikan dengan rapor mutu di masing masing satuan pendidikan berdasarkan hasil perhitungan capaian 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang diperoleh dari penjaringan data PMP tahun 2017. Disamping itu, sistem ini juga memberikan informasi lebih lanjut mengenai analisis, rekomendasi serta indeks efektivitas pencapaian nilai 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. Pemanfaatan sistem informasi ini dapat diakses dengan mudah oleh semua pengguna baik itu Dinas Pendidikan Propinsi/Kab/Kota serta Satuan Pendidikan di Propinsi Riau. Besar harapan kami, Sistem Informasi Klinik Mutu (SIKM) ini menjadi salah satu komponen utama dalam penyusunan rancangan program kegiatan peningkatan mutu pendidikan oleh Pemerintah Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota di Propinsi Riau guna menyongsong Pendidikan Riau yang bermutu”.
Selanjutnya tentang penggunaan SIKM / Sistim Informasi Klinik Mutu LPMP Riau, dipresentasikan oleh Robby Shadry, S.Kom yang merupakan leader dr Pembuatan aplikasi ini, Disampaikan oleh pemateri, bahwa SIKM ini berisi informasi tentang 8 Standar Nasional Pendidikan, dimana instrument PMP mencakup 5 Standar, yaitu : Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pengelolaan dan Standar Kompetensi Lulusan dan 3 standar lagi berasal dari DAPODIK, yaitu : Standar PTK, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pembiayaan. Adapun jalur akses SIKM adalah sebagai berikut :
- Menggunakan perangkat PC/Laptop yang terhubung kejaringan internet dengan mengakses alamat URL : https://lpmpriau.kemdikbud.go.id/klinikmutu
- Menggunakan perangkat mobile (Gadget) dengan OS Android, dimana saat ini SIKM LPMP Riau sudah terdaftar di Google Playstore dengan kata kunci “Klinik Mutu LPMP Riau” atau dengan mengakses alamat URL https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wKlinikMutuLPMPRiau_6418843
Kemudian disampaikan ada beberapa kelompok yang dapat menggunakan SIKM ini, yaitu:
- Admin. Adalah user dengan hak akses tertinggi yang memiliki hak akses layanan penuh terhadap SIKM LPMP Riau.
- LPMP. Adalah kelompok pengguna dari unsur LPMP Riau, yang memiliki hak akses terbatas sesuai dengan kebutuhan penggunaan system. Penambahan hak akses terhadap sistem dimungkinkan dengan permintaan menggunakan form permintaan hak akses layanan.
- Dinas Pendidikan. Adalah kelompok pengguna dari unsur dinas Pendidikan propinsi/kabupaten/kota dengan hak akses terbatas. Akun kelompok pengguna Dinas Pendidikan akan diterbitkan oleh LPMP dan diserahkan dalam amplop tertutup kepada pihak Dinas Pendidikan terkait.
- Pengawas. Adalah kelompok pengguna dari unsur pengawas Propinsi/Kabupaten/Kota dengan hak akses terbatas hanya terhadap data-data satuan Pendidikan yang berada dibawah binaannya. Akun pengawas menggunakan ketentuan sebagai berikut :
- User Name : NIP
- Password : Tanggal lahir dengan format YYYY-MM-DD
- Sekolah. Adalah kelompok pengguna dari unsur sekolah jenjang SD/SMP/SMA/SMK dengan hak akses terbatas hanya pada data-data sekolah masing-masing. Akun sekolah menggunakan ketentuan sebagai berikut :
- User Name : NPSN
- Password : Tanggal saat akses dengan format YYYY-MM-DD
Demikian, semoga bermanfaat