Sunday, March 16, 2025

Assemblr EDU Tutorial#1 Register

Untuk dapat mengakses Assemblr beserta semua fitur-fitur yang ada didalamnya, maka pengguna terlebih dahulu harus melakukan tahap pendaftaran atau registrasi (sebagai catatan Assemblr sebaiknya dibuka menggunakan browser Chrome). Proses registrasi dilakukan secara online melalui URL https://www.assemblrworld.com/. Halaman awal Assemblr adalah seperti gambar dibawah ini :

Untuk melakukan register, klik tombol menu Register yang ada di sudut kanan atas layar Assemlr sehingga tampil form registrasi seperti gambar berikut ini :

Selain dengan mengisi form diatas, cara lain untuk registrasi adalah dengan menggunakan akun Facebook atau Apple ID. Untuk proses registrasi menggunakan akun Facebook silahkan klik tombol Facebook yang ada dibagian bawah. Demikian pula jika ingin melakukan registrasi dengan akun Apple ID. Namun pada tutorial kali ini registrasi akan kita lakukan dengan cara mengisi form registrasi seperti gambar diatas.

Isilah Full Name dengan nama lengkap. Email dengan alamat email yang kita miliki. Kami sarankan menggunakan akun Gmail. Gunakan akun Gmail yang belum pernah didaftarkan ke Assemblr karena jika akun Gmail tersebut tercatat sudah didaftarkan maka pendaftarannya akan ditolak. Masukkan username dengan nick name atau nama unik. Seperti halnya email, user name juga wajib menggunakan user name yang belum terdaftar di Assemblr. Terakhir isikan password dan confirm password yang sama dengan kata yang mudah diingat namun sulit ditebak dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan karakter. Jika semua isian sudah lengkap, lanjutkan dengan klik tombol Register. Jangan lupa beri tanda centang pada kotak I Agree To Assemblr Terms and Conditions.

Jika proses pendaftaran berhasil, akan tampil halaman seperti gambar berikut ini :

Keterangan diatas menunjukkan :

  1. Number of Projects 0. Artinya karena kita adalan pengguna baru, belum ada project yang sudah dibuat.
  2. Custom Objects 0.00/8 Mb. Artinya kita mendapat 8 Mb ruang penyimpanan object 3D diluar objek 3D yang disediakan Assemblr yang dapat kita unggah.
  3. Custom Markers 0/3. Artinya kita dapat mengunggah Marker yang dibuat sendiri sebanyak 3 marker. Marker adalah gambar yang discan yang akan menjadi trigger munculnya objek 3D pada aplikasi AR.

Selamat, anda telah memiliki akun di Assemblr.

#assemblr #assemblrEDU #assemblrtutorial #augmentedreality

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.