Tuesday, March 18, 2025

SDM Unggul dan Berkualitas Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan dan Kesuksesan Lembaga

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah lembaga pemerintahan,organisasi, institusi maupun perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan pada sebuah lembaga pemerintahan,organisasi, institusi maupun perusahaan adalah sebagai pemikir, perencana dan penggerak untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. SDM yang unggul dan berkualitas dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi lembaga, organisasi atau perusahaan.

Menjadi SDM unggul dan berkualitas adalah dambaan setiap pribadi yang mempunyai tujuan dalam hidupnya terutama dalam bekerja dan mendukung tercapainya tujuan dan fungsi dari suatu lembaga, organisasi, institusi maupun perusahaan.

Unggul menurut pengertian kamus Bahasa Indonesia adalah unggul, tinggi, lebih besar, istimewa, mulia, ulung. Sedangkan pengertian berkualitas adalah tingkat baik buruknya sesuatu kadar, derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya) mutu. Menurut Juran Kualitas adalah kesesuaian untuk penggunaan (fitness for use), ini berarti bahwa suatu produk atau jasa hendaklah sesuai dengan apa yang diperlukan atau diharapkan oleh pengguna. Jadi SDM unggul dan berkualitas menurut pengertiannya adalah segala sesuatu yang unggul, istimewa menurut menurut kesesuaian kadar mutu kegunaannya berupa potensi manusia yang dapat di kembangkan untuk proses produksi.

Banyak faktor yang menjadikan seseorang digambarkan sebagai SDM unggul dan berkualitas diantaranya adalah SDM harus memiliki sifat sifat seperti:

  1. Ulet; sikap ulet seseorang yang selalu mencari penyelesaian dengan tidak putus asa, akan membawa orang tersebut pada sebuah dedikasi pekerjaan yang bermutu dan berkualitas.
  2. Tekun; tekun ialah sikap dimana seseorang yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan perhatian mereka terhadap apa yang mereka kerjakan. Sehingga mereka akan membuahkan sesuatu yang positif untuk perusahaan di mana mereka bekerja.
  3. Inovatif; SDM yang berkualitas ialah manusia yang kreatif, senantiasa aktif dalam mencari berbagai hal baru. Sampaikan ide anda secara berbeda dan unik dan jangan defensive terhadap ide sendiri. Terima juga usulan, input, keberatan dari orang lain. Hal ini akan bermanfaat untuk proses realisasi ide tadi.
  4. Jujur; merupakan poin yang sangat penting, khususnya di perusahaan. Banyak SDM yang harus diberhentikan oleh perusahaan karena tidak memenuhi poin ini. Jujur pada perusahaan yakni bekerja dengan baik sesuai peraturan yang berlaku. Jujur pada orang lain yakni harus bisa bekerja sama dilandasi oleh rasa saling percaya. Juga jujur terhadap kemampuan diri sendiri yakni bertanggung jawab sesuai dengan apa yang mampu kita perbuat.
  5. Dedikasi; SDM yang berkualitas wajib memiliki rasa pengabdian pada tugas serta pekerjaan mereka. Dimana mereka harus memiliki visi yang jauh ke depan dan mengerjakan segala sesuatunya dengan tidak setengah-setengah.

Untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas seperti gambaran di atas, yang menjadikannya sebagai manusia extra ordinary juga harus memiliki sikap pribadi luar biasa. Apa saja sikap pribadi luar biasa yang harus dimiliki yaitu sikap pribadi yang sangat jarang dimiliki oleh setiap orang tapi bukan tidak mungkin bisa kita memilikinya seperti :

  1. Bersikap rendah hati; sikap rendah hati mengungkapkan kekuatan bukan kelemahan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain.
  2. Positive Thinking; Orang yang bersikap positif (positive thinking) selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dan sebagainya.
  3. Bertanggung jawab; Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.
  4. Tulus; ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta.
  5. Berjiwa Besar; kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
  6. Setia; kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
  7. Percaya Diri; rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.
  8. Selalu Ceria; orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
  9. Easy Going; orang yang easy going menganggap hidup ini ‘ringan’. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil atau berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stres dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.
  10. Empati, empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

SDM unggul dan berkualitas akan lahir pribadi yang kuat, seperti yang dikatakan prof, Dr. Hamka yang ditulisnya dalam buku yang berjudul “ Pribadi yang Hebat” (hal:2) “dimana nilai seseorang adalah pribadinya yaitu budi, akal, pergaulan, kesehatan, dan pengetahuan, berkumpul menjadi satu pada satu orang, kumpulan itulah yang membentuk suatu pribadi inilah yang menentukan mutu seseorang”. Memiliki dan menerapkan sifat sifat dan sikap SDM unggul dan berkualitas maka dapat menjadikan setiap pribadi menjadi SDM yang diharapkan lembaga pemerintahan, organisasi, institusi maupun perusahaan.

Semoga tulisan ini menjadi motivasi dan tekad kita bersama mewujudkan visi lembaga sebagai pengemban amanat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan misi lembaga mewujudkan pendidikan dasar dan menengah yang relevan dan berkualitas tinggi, merata dan berkelanjutan didukung insfrastrutur dan teknologi. Serta mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dasar dan menengah.

InsyaAllah dengan SDM unggul dan berkualitas serta didukung pribadi yang hebat LPMP Provinsi Riau siap mempertahankan lembaga yang sudah berpredikat Zona Integritas- Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan mendukung serta menyongsong predikat insyaAllah menjadi lembaga yang berpredikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM). LPMP Provinsi Riau Bisa Yes Yes Yes. Barakallah Aamiin YaaRabbal Aalamiin

 

Yasnayati, M.Pd.

Analis SDM Aparatur LPMP Provinsi Riau

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.