Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) adalah suatu konsep yang diterapkan di Indonesia untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih bersih, transparan, dan akuntabel, serta memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien. ZI-WBBM merupakan bagian dari upaya reformasi birokrasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah guna mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Berikut adalah dua komponen utama dalam Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani:
1.Birokrasi Bersih (Integritas)
Fokus utama dari aspek ini adalah untuk membangun integritas di lingkungan birokrasi pemerintah. Artinya, instansi pemerintahan harus mampu mencegah praktik-praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
Menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran dan sumber daya publik.
Membentuk budaya kerja yang bebas dari gratifikasi dan suap, serta meningkatkan kesadaran aparatur negara untuk bekerja dengan jujur, adil, dan profesional.
2.Pelayanan Publik yang Melayani
Aspek ini berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dan efektif. Pemerintah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, ramah, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
Instansi pemerintah yang berkomitmen untuk menjadi ZI-WBBM akan memberikan pelayanan yang mudah diakses, tanpa praktik birokrasi yang berbelit-belit, serta memastikan hak masyarakat terpenuhi dengan sebaik-baiknya.
Fokus pada hasil, di mana masyarakat sebagai penerima layanan merasakan langsung manfaat dari kinerja yang baik dan profesional dari aparatur negara.
Penerapan ZI-WBBM ini tidak hanya terbatas pada instansi pemerintah pusat, tetapi juga diterapkan pada instansi pemerintah daerah. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
Sebagai bagian dari sistem reformasi birokrasi, instansi yang berhasil menerapkan ZI-WBBM akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah melalui penilaian kinerja yang mencakup aspek integritas dan kualitas pelayanan publik.
Semoga dengan doa dan ikhtiar bersama seluruh warga BPMP Provinsi Riau, pada tahun ini BPMP Provinsi Riau dapat meraih penghargaan ZI WBBM Tahun 2025.